Pengertian, Ciri, Jenis Marmer

Pengertian, Ciri, Jenis Marmer


pengertian-ciri-jenis-batu-alam-marmer-granit
Sebagai satu- satunya planet di planet di tata surya yang dapat dihuni oleh manusia, Bumi tersusun atas berbagai macam bahan penyusun. Salah satu diantara bahan penyusun yang menyusun planet bumi adalah jenis jenis batuan penyusun lapisan Bumi. Ya, batuan ini dapat dengan mudah kita temukan di bumi. Hal ini karena batuan adalah salah satu unsur yang menyusun bumi yang mengalami proses terjadinya siklus batuan.

Batuan di Bumi ada banyak sekali jenisnya. Secara umum, batuan di bumi dibedakan menjadi tiga macam, yakni batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf atau malihan. Ketiga jenis batuan ini kemudian terdiri dari beberapa batuan lain lagi.

Pengertian batuan marmer

Salah satu jenis batuan yang ada di Bumi adalah batu marmer. Batuan marmer ini merupakan salah satu jenis batuan metamorf atau malihan, dimana proses terbentuknya batu marmer ini karena diakibatkan oleh proses metamorfosis batu kapur atau batu gamping. Batu marmer seringkali kita temukan sebagai batu yang menghiasi rumah, sebagai batu yang digunakan untuk lantai, dinding, bahkan furniture seperti meja, bangku, dan lain sebagainya.

Alasan mengapa batu marmer ini seringkali dipilih sebagai batu penghias rumah adalah karena batu ini mempunyai tampilan yang sangat indah. Marmer mempunyai corak atau pola tertenu dan mempunyai beragam warna yang mengombinasinya, hal inilah yang membuat marmer indah dan cocok digunakan sebagai bahan untuk dekorasi bagunan. Selain itu juga karena batu marmer mempunyai sifat yang tanah lama dan juga mudah dipahat. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih banyak mengenai batu marmer. Artikel ini akan menjelaskan mengenai berbagai macam informasi mengenai batu marmer.

Ciri- ciri Batu Marmer

Sebagai salah satu jenis batu alam, dan salah satu jenis batuan metamorf atau malihan, batu marmer ini mempunyai ciri khusus yang membedakannya dengan jenis batu lain. Beberapa jenis dari batu marmer adalah sebagai berikut:

Mempunyai struktur batu yang kompak.

Gugusan kristal yang ada di batu marmer relatif sama dengan tekstur halur sampai yang agak kasar.

 


Pada umumnya marmer tersusun atas mineral kalsit dengan mineral minor lainnya seperti mika, klhorit, kuarsa, dan jenis silikat lainnya seperti graphit, hematit, dan juga limorit.

Mempunyai nilai komersil atau ekonomi yang bergantung pada warna dan tekstur batu tersebut.

Terpengaruh oleh porositas, kekuatan regangan, dan kekuatan terhadap cuaca.

Itulah beberapa ciri yang melekat pada batu marmer yang akan membedakannya dengan jenis batuan yang lainnya.

Jenis- jenis Batuan Marmer

Sebagai salah satu jenis batuan alam dan sebagai salah satu jenis batuan malihan atau metamorf, batu marmer ini mempunyai beberapa jenis. Jenis dari batu marmer ini biasanya dibedakan berdasarkan warna, tekstur, dan juga komposisi mineral yang menyusun batuan tersebut. Jenis- jenis dari batuan marmer antara lain sebagai berikut:

  1. Statuary marble, yakni jenis batuan marmer yang putih bersih dan mempunyai teksture yang bagus.
  2. Architectural marble, yakni batuan marmer yang mempunyai warna teksur, mutu, dan kekuatan yang bagus.
  3. Ornamental marble, yakni batuan marmer yang memiliki warna yang indah.
  4. Onix marble, yakni batuan marmer yang yang jernih dan terdiri dari materal- material organik dan juga kalsit.
  5. Cipolin marble, yakni batuan marmer yang banyak mengandung mika dan juga talk.
  6. Ruin marble, merupakan batuan marmer yang bertekstur hakus dan juga kristal yang tidak teratur.
  7. Breccia marble, merupakan batuan marmer yang mempunyai tekstur asar dan juga paesegi.
  8. Shell marble, merupakan batuan marmer yang terdiri dari fosil- fosil.
  9. Carrara marble, yakni batu marmer yang mempunyai warna putih murni. Batu jenis ini seringkali digunakan oleh bangsa Yunani dan Romawi sebagai bahan dasar pembuatan patung dan juga air mancur.

Limestone, yakni marmer yang yang memiliki warna begie atau coklat. Batu marmer ini bisa ditemukan dari danau ataupun bekas danau.

Breksi, yakni batu marmer yang terbentuk karena adanya bekas longsoran tanah.

Marmer budidaya, adalah marmer yang dibuat oleh manusia, yakni kombinasi antara debu marmer dan juga semen.

Marmer hijau, yakni batuan pertama yang hanya sekedar terlihat seperti mamrmer namun bukan marmer asli.

Itulah jenis- jenis dari batu marmer yang mana jenis- jenis tersebut disandarkan pada warna dan juga tekstur batuan itu sendiri.

Proses Terbentuknya Batu Marmer

Batu marmer ini adalah batu yang dihasilkan dari proses metamorfosa batuan kapur atau gamping selama kurun waktu yang lama.
Manfaat Batuan Marmer

Sebagai salah satu jenis batuan yang banyak diminatil oleh orang- orang, marmer ternyata mempunyai banyak manfaat. Marmer yang mempunyai visualisasi indah ini sering digunakan untuk berbagai keperluan manusia. Berkut ini akan dijelaskan mengenai manfaat yang diperoleh manusia dari batu marmer. Atau bisa juga dikatakan sebagai penggunaan batuan marmer oleh manusia, yakni sebagai berikut:

Penghias rumah

Fungsi yang paling sering diambil manusia dari batu marmer adalah menjadikannya sebagai bahan penghias rumah. Struktur batuan ,marmer yang indah dengan pola- pola tertentu dan juga perzampuran berbagai warna ini tampak cocok sekali apabila batu maremer dijadikan bahan penghias rumah. Penghias rumah dari bahan batu marmer ini dilakukan dengan menjadikan marmer ini sebagai bahan utama konstruksi bangunan paling luar di rumah kita.

misalnya, bagian lantai, tangga, veneer atau dinding. Dengan demikian rumah kita akan mempunyai dekorasi yang indah dengan full batu marmer sebagai penyusunnya. Batu marmer apabila dijadikan bahan konstruksi atau penghias rumah maka akan menjadikan rumah tersebut tampak mewah dan eksklusif. Banyak orang yang sengaja menjadikan marmer sebagi hiasan rumah mereka. Setidaknya ditemukan beberapa alasan mengapa batu marmer ini dipilih sebagai bahan penghias rumah. Alasan- alan tersebut antara lain:

Marmer merupakan jenis batu alam yang tanah lama

Batuan marmer ini mudah ubtuk dibersihkan

Mempunyai penampilan yang menakjubkan

Sebagai bahan dasar pembuatan berbagai macam furniture

Banyak sekali jeis furniture yang dibutuhkan oleh manusia. seiring dengan kemajuan zaman, furniture- furniture ini dibuat dengan menggunakan berbagai macam bahan, tidak hanya kayu, namun juga aneka batu alam. Salah satu jenis batu alam yang dipilih sebagai bahan pembuatan furniture adalah batuan marmer. Batuan marmer ini sangat banyak digunakan sebagai bahan pembuatan aneka macam furniture seperti meja, kiursi, jendela, guci, perapian, dan juga bahan- bahan- bahan kerajinan lainnya.

Batu marmer ini dipilih sebagai bahan pembuat furniture karena mempunyai sifat yang lunak. Batu marmer merupakan jenis batu alam yang yang dapat tembus cahaya, inilah yang membuatnya mempunyai sifat lunak. Selain itu batuan marmer juga mempunyai manfaat tinggi untuk menyerap cat. Batu marmer juga mempunyai teksutur yang lembut sehingga mudah di pahat.

Sebagai bahan pembuat batu nisan

Batu nisan biasanya dibuat dari batu- batuan alam yang mempunyai corak keindahan khusus. salah satu batu yang banyak digunakan adalah batu marmer. Seperti yang telah dijelaskan sebalumbya bahwasannya batu mamer mempunyai tampilan yang menarik serta menawarkan kemudahan yakni mudah dipahat. Hal- hal seperti itulah yang menjadikan batu marmer dipilih sebagai salah satu batu untuk pembuatan batu nisan. Selain itu, alasan lainnya adalah karena batu marmer ini bersifat tahan lama atau awet, dan tahan terhadap hujan.

Bahan dasar pembersi rumah

Selain digunakan untuk bahan keindahan atau hiasan, ternyeta batu marmer juga bisa digunakan sebagai bahan dasar pembersih rumah. Batu marmer ini terdiri atas kalsit, yakni semacam mineral dengan kekerasa Mosh tiga. Maka dari itulah batu marmer ini sering digunakan sebgai bahan dasar dalam pembuatan cairan pembersih kamar mandi maupun dapur. Karena batu marmer ini bersifat lembut, maka pembersig dari batu marmer ini tidak menyebabkan goresan atau kerusakan lainnya.

Sebagai pupuk

Selain kotoran dan juga kompos, ternyata pupuk bisa juga dibuat dari bahan batu. Salah satu yang digunakan adalah batu marmer ini. Batu marmer ketika dipanaskan maka akan membuang kandungan karbondioksida yang terkandung dalam batu tersebut, sehingga yang tersisa adalah kalsiumoksida atau zat kapur. Zat kapur ini bisa digunakan sebagai penguranh keasaman pada tanah, maka dari itu bisa digunakan sebagai pupuk untuk lahan pertanian. Untuk hasil yang lebih baik maka pemakaian pupuk batu marmer ini diterapkan bersama- sama dengan jenis pupuk lainnya.


Untuk bahan pewarna

Marmer yang mempunyai warna putih ini seringkali digunakan sebagai penghasil produk yang dikenal sebagai kapur sirih. Kapur sisrih ini merupakan serbuk putih yang digunakan sebagai pigmen, brighteer, dan juga pengisis dalam cat, kertas, serta prosuk- produk lainnya.

Penetral asam

Batu marmer bisa juga dimanfaatkan sebagai penetral asam karena batu ini terdiri dari kalsium karbonat. Hal tersebut membuat batu marmer menjadi jenis batuan yang sangat efektif untuk menetralisir asam. Batu marmer yang mencapai kemurnian tinggi,maka akan hancur manjadi bubuk. Bubuk yang berasal dari hancurnya batu marmer ini diproses sedemikian rupa hingga siap digunakan sebagai penetral rasa asam. Kadar asam yang seringkali dikurangi dengan menggunakan batu marmer ini adalah asam tanah, asam sungai, asam dalam industri kimia, hingga asam dalam tubuh manusia.



Sumber kalsium tambahan untuk hewan ternak

Saat hewan ternak kita kekurangan kalsium, maka kita bisa mneggunakan batuan marmer untuk menambah jumlah kalsium untuk hewan ternak kita tersebut. Hewan ternak yang membutuhkan banyak kalsium ini antara lain adalah sapi dan ayam, terutama untuk menghasilkan susu dan juga telur. Biasanya, pasokan atau tambahan kalsium ini diberikan dengan cara dicampur ke dalam makanan. Bubuk dari batu marmer dapa digunakan sebagai bahan pembuatan suplemen ini karena mengandung banyak kalsium dan juga mempunyai tekstur yang lembut sehingga tidak melaukai gigi hewan ternak tersebut.

Sebagai alat terapi penyembuh penyakit tertentu

Batu marmer dapat bertindak sebagai dekongestan kuat yang digunakan untuk meredakan pembengkakan dan juga melancarkan aliran darah dalam tubuh. Bahkan apabila dikombinasi dengan batu- batu panas, batu maremer ini dapat mengurangi vasodilatasi dan juga penyempitan organ tubuh yang pada akhirnya dapat menyebabkan menyebarnya nutrisi di dalam tubuh. Caranya adalah dengan memotong dan memoles batu marmer menjadi berbagai bentuk dan juga ukuran sesuai dengan yang dibutuhkan. Apabila nutrisi sudah menyebar ke dalam tubuh, maka beberapa penyakit yang menyerang jaringan tubuh akan sembuh, seperti peradangan pada luka akut, meredakan sakit akibat penyumbatan daerah sinus, mengurangi lingkaran bengkak dan gelap pada mata.

Itulah beberapa manfaat yang dihasilkan oleh batu marmer yang bisa dirasakan oleh manusia.Sebagai salah satu batu alam, batu marmer memang mempunyai berbagai manfaat bagi kehidupan manusia.


Kami Nusantara Cleaning, melayani jasa poles marmer, jasa poles teraso, jasa poles granit, jasa poles acian, jasa poles tegel
Nusantara Cleaning melayani jasa cleaning service rumah, kantor, apartemen, hotel, jasa poles marmer, jasa poles granit jasa pembersihan gedung, jasa pengecatan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Ciri, Jenis Marmer"

Post a Comment