Cara Membersihkan Tembaga dan Kuningan

Cara Membersihkan Tembaga dan Kuningan

Anda mungkin memiliki beberapa benda berbahan kuningan atau tembaga di rumah, mulai dari pot hingga gelas pajangan, perhiasan hingga ikat pinggang, dan koin hingga tempat lilin. Bagaimana Anda membersihkan dan memoles benda-benda logam tersebut?
cara-membersihkan-tembaga

Entah itu untuk dipakai sehari-hari atau hanya menjadi pajangan, perkakas berbahan kuningan atau tembaga—mulai panci hingga cangkir, perhiasan hingga gesper ikat pinggang, dan koin hingga tempat lilin—memiliki nilai seni dan nilai jual tersendiri. Bagaimana cara membersihkan dan memoles benda-benda logam ini?

Anda bisa mendapatkan produk pembersih khusus kuningan dan tembaga di toko-toko. Baca petunjuk pemakaian produk pada label kemasannya. Ingat, Anda perlu berhati-hati ketika membersihkan barang-barang berharga atau antik. Anda lebih baik bertanya kepada ahlinya terlebih dulu mengenai cara membersihkan logam kuningan dan tembaga. Anda juga dapat membersihkan logam ini menggunakan produk pembersih lain, tetapi selalu lakukan uji coba produk di area kecil dan tidak terlalu terlihat sebelum memakainya pada keseluruhan benda.

Berikut ini panduan cara membersihkan tembaga dan kuningan di rumah

Selain tahan lama, perkakas berbahan tembaga juga terlihat mewah. Tembaga tidak hanya digunakan untuk keperluan rumah tangga tetapi juga untuk dekorasi. Peralatan memasak berbahan tembaga merupakan penghantar panas yang baik sehingga memudahkan Anda memanaskan makanan secara cepat dan efisien. Perhiasan tembaga juga terlihat elegan.

Seiring perjalanan waktu, tembaga dapat memudar, namun jangan khawatir. Anda dapat mengembalikan kilau semula tembaga dengan mengikuti informasi tentang cara membersihkan tembaga sebagai berikut:

  • Banyak produk pembersih khusus tembaga dijual di toko. Kalau Anda memutuskan menggunakan produk ini, pastikan Anda mengikuti petunjuk pada labelnya.
  • Anda juga dapat menggunakan jeruk lemon dan garam untuk membersihkan tembaga. Cukup bubuhkan garam (sebaiknya garam laut) ke atas belahan setengah jeruk lemon, lalu gosokkan pada permukaan tembaga! Selanjutnya bilas dengan air hangat dan keringkan dengan kain lembut.
  • Untuk membuatnya berkilau, gosok logam tembaga dengan campuran tepung terigu, garam, dan cuka, lalu poles menggunakan kain lembut bersih.
  • Anda juga dapat memolesnya menggunakan kertas koran yang telah diremas-remas menjadi bola kecil. Metode ini sudah dipakai sejak zaman nenek moyang kita untuk membersihkan jendela.
  • Manfaatkan saus tomat! Kandungan cuka di dalam saus tomat membantu membersihkan tembaga. Tuang saus tomat ke atas tembaga sehingga membentuk lapisan tebal. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

Cara membersihkan kuningan

Kuningan terbuat dari tembaga dan timah. Logam ini banyak dipakai untuk berbagai hal—mulai dari membuat gagang pintu hingga peralatan musik!
Berikut ini informasi mengenai cara membersihkan kuningan:

  • Cuci kuningan dengan air hangat dan sabun cuci piring cair. Jangan menggosoknya terlalu keras agar tidak menggores permukaannya.
  • Sama seperti tembaga, kuningan juga merespons baik terhadap saus tomat! Tuangkan saus tomat ke kuningan, diamkan paling tidak selama satu jam, lalu bilas. Anda akan melihat bedanya.
  • Anda juga bisa membersihkan kuningan menggunakan metode jeruk lemon dan garam seperti disebutkan di bagian tembaga di atas.
  • Sekali lagi, jangan menggunakan produk yang mengandung partikel kasar ketika membersihkan barang-barang dari kuningan.

Cara membersihkan kuningan

Kuningan terbuat dari tembaga dan seng. Bahan ini dipakai untuk membuat berbagai macam benda, mulai dari gagang pintu hingga alat musik. Berikut ini informasi tentang cara membersihkan logam kuningan:

  • Cobalah mencuci kuningan dengan cairan pembersih atau air hangat. Jangan gosok terlalu keras karena dapat menggores permukaan kuningan.
  • Seperti tembaga, kuningan akan bereaksi pada saus tomat! Gunakan saus tomat pada kuningan, lalu bilas setelah dibiarkan selama paling sedikit satu jam. Anda akan melihat suatu perubahan.
  • Anda juga dapat membersihkan kuningan menggunakan metode jeruk lemon dan garam seperti yang telah dipaparkan di atas.
  • Jangan menggunakan produk yang keras atau kesat saat membersihkan kuningan karena dapat merusak permukaannya.
sumber : https://www.cleanipedia.com/id/bahan-material-permukaan/cara-membersihkan-kuningan-tembaga
Nusantara Cleaning melayani jasa cleaning service rumah, kantor, apartemen, hotel, jasa poles marmer, jasa poles granit jasa pembersihan gedung, jasa pengecatan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membersihkan Tembaga dan Kuningan"

Post a Comment